Evolusi Mobil MG, Perusahaan Mobil Elektrik Baru di Indonesia

MG motors merupakan salah satu perusahaan mobil yang baru masuk ke Indonesia. Tetapi Tahukah kamu MG motors sudah berdiri sejak 1923, dan sudah memproduksi mobil di Eropa sangat lama? Ya, bukan hanya mobil elektrik modern yang MG jual, tetapi juga mobil lama yang bersejarah. Yuk kita lihat evolusi mobil MG dari awal hingga sekarang!

  1. MG M-Type Midget

MG M-Type Midget ini bukan mobil pertama MG, tetapi mobil sebelumnya kurang berjalan. Nah, mobil inilah yang menyelamatkan MG dari kehilangan tempatnya di masa kini dan tertinggal di buku sejarah. Mobil ini memang terlihat tidak menarik, tetapi pada jaman pembuatannya MG M-Type Midget ini merupakan pionir mobil roadster dan mobil sport dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, MG-M Type Midget ini layak mendapatkan tempat di salah satu highlight sejarah mobil MG, bahkan untuk dunia otomotif secara menyeluruh.

2. MG TA

MG TA merupakan upgrade dari MG M-Type Midget. Mobil ini mencetak rekor dengan Allan Tommilison yang memenangkan kejuaraan balapan penyandang disabilitas Australia tahun 1936. Mobil ini memiliki frame kayu dengan badan besi, dan saat ini memiliki kecepatan 130 km/jam. Sangat cepat untuk jaman tersebut. Tetapi kecepatan tersebut diganti dengan bensin yang sangat boros.

3. MG MGA

Setelah MG model T, datanglah MG MGA. MG MGA merupakan salah satu mobil MG paling sukses, dengan beberapa upgrade kepada model tersebut. Seteelah MGA selesai diproduksi, mesin MG MGA naik dari 1489 cc menjadi 1622 cc. Fakta untuk tentang MG MGA: mobil tersebut jauh lebih sukses di pasar luar Inggris Raya, negara asal MG, dibandingkan di Inggris Raya sendiri. Dari 100.000 unit yang terjual, hanya 5.000 unit terjual di Inggris Raya.

4. MG MGB

MG MGB merupakan pengganti dari MGA. MGB sendiri selama masa produksinya merupakan mobil dengan kesuksesan yang moderat, tetapi terkenal karena mobil tersebut memiliki edisi limited, yaitu MG RV8 yang hanya diproduksi sebesar 2.000 unit. MGB sendiri juga merupakan salah satu mobil yang pertama kali menggunakan mesin Rover V8 di Inggris Raya.

5. MG MG6

Pada tahun 2006, perusahaan MG diakuisisi oleh SIAC motors, perusahaan mobil dari China. Setelah 16 tahun MG tidak memproduksi mobil akhirnya pada tahun 2011 MG mengeluarkan mobil lagi di bawah naungan SIAC motors yaitu MG MG6. MG6 sendiri merupakan mobil sedan, berbeda dengan trend MG sebelum diakuisisi yang selalu membuat mobil roadster setelah MG M-Type Midget mereka menyelamatkan perusahaan MG. MG6 saat ini masih diproduksi, dengan facelift terakhir yang sudah di pasaran terjadi pada tahun 2021, dan tahun 2023 kemarin MG6 mendapatkan upgrade X-Line yang diumumkan di Guanzhou Auto Show.

6. MG MG4EV

MG4 EV merupakan mobil yang baru-baru ini masuk ke Indonesia, dan merupakan salah satu overhaul model lama dari MG. Saat ini di Indonesia mobil MG4 EV merupakan salah satu model yang boleh teman-teman lirik nih, karena milestone dari MG 4 EV di IndonPesia ini adalah salah satu perusahaan yang akhirnya memiliki fasilitas produksi assembly langsung di Indonesia, sehingga mendapatkan insentif harga yang lebih murah. Harganya dari sekitar 600 juta-an menjadi di kisaran 400- juta an. Fitur utama dari MG 4 EV ini adalah baterai LFP yang dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan nickel yang tambangnya merusak lingkungan, dan baterai tersebut juga dapat diganti dengan mudah. Kelemahan dari baterai yang dipakai MG 4 EV sekarang ini adalah kapasitas yang rendah karena desain swappablenya.

Nah, kurang lebih begitu sejarah mobil MG, dari awalnya menjual dan menjadi pionir roadster, sekarang menjadi pionir baterai swappable untuk mobil listrik dan pionir mobil listrik yang diproduksi lokal di Indonesia.

Mau cari aksesoris untuk MG 4 EV teman-teman? Bisa cek di Durable ya!