Pemilik Mobil Wajib Tahu, Inilah Beberapa Gangguan Umum Pada Kaca Mobil

Kaca mobil menjadi salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya sangat banyak, salah satunya adalah melindungi pengendara di dalam mobil dari gangguan luar, seperti angin, debu, dan ancaman benda berbahaya lainnya.

Untuk itu, merawat kaca mobil adalah sebuah hal yang wajib dan tidak bisa disepelekan. Pasalnya, semakin terawat kondisi kaca mobil, maka akan semakin meningkatkan kenyamanan dan visibilitas berkendara.

Sebagai pemilik mobil tentu kita harus tahu apa saja gangguan yang kerap muncul pada mobil. Dengan mengatahuinya, tentu kita bisa lebih berjaga-jaga dan mengatasinya dengan segera, sebelum muncul masalah lain.

Nah, apa saja masalah umum pada kaca mobil? Berikut diantaranya.

1. Kaca Berjamur

Masalah umum yang dialami oleh kebanyakan kaca mobil adalah berjamur. Jamur tersebut bisa disebabkan oleh air hujan yang tidak dibilas secara bersih. Ketika kaca berjamur, tentu saja menyebabkan pandangan berkendara jadi terganggu. Untuk mengatasi jamur kaca mobil, kita bisa menggunakan X Mos Glass polish atau baca artikel ini:  Cara Ampuh Mengatasi Jamur Kaca Mobil

2. Kaca Baret

Kaca baret juga menjadi masalah umum yang cukup sering terjadi. Baretnya kaca tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti karena wiper yang karetnya sudah getas. Bisa juga dikarenakan selimut mobil. Pada sebagian kasus, selimut mobil yang kasar juga mampu membuat kaca jadi baret. Oleh karenanya, perhatikan kondisi wiper dan aksesoris tambahan lainnya apakah berbahaya bagi kaca mobil atau tidak.

Baca juga: Mobil Sering Dicuci Kenapa Tambah Kusam? Ini Alasannya

3. Kaca Kusam dan Muncul Flek

Pernahkah kamu melihat kaca mobil yang warnanya putih seperti berembun? Ya, itu juga menjadi salah satu masalah yang umum terjadi. Lebih parah lagi jika ditambah flek-flek di seluruh bagian kaca. Kondisi kaca seperti ini sangat berisiko karena mengganggu pandangan berkendara. Biasanya, kaca kusam dan muncul flek dikarenakan obat pembersih jamur yang tinggi pH. Oleh karenanya, disarankan menggunakan cairan yang terbukti aman seperti Durable Glass Polish.

4. Kaca Retak

Masalah ini memang jarang terjadi jika tidak terjadi sebuah insiden. Tapi, kita juga harus tetap waspada. Penyebab kaca retak biasanya karena kerikil yang menghantam kaca ketika kita berkendara. Oleh karenanya, jika berkendara di jalan rusak, kurangi kecepatan. Begitupula ketika berkendara di belakang truk bermuatan pasir, sebaiknya beri jarak sedikit jauh agar pentalan pasir dan kerikil tidak merusak kaca.

Nah, itulah beberapa masalah umum pada kaca mobil. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Durable.