Mobil Overheat: Penyebab, Ciri-Ciri dan Solusinya
Overheat adalah sebuah kondisi dimana mesin mobil mengalami suhu panas yang berlebihan. Meskipun overheat ini cenderung terjadi pada mobil-mobil lama, tapi tak menutup kemungkinan juga mobil keluaran baru pun akan mengalaminya jika tak memperhatikan hal berikut ini.
- Air Radiator Habis
Cara kerja cairan radiator adalah berputar pada sirkulasi. Seiring mengalirnya dengan berputar, cairan ini menyerap suhu panas pada mesin dan mengembalikannya ke radiator kemudian membuangnya ke udara. Ketika air radiator habis, maka tidak ada yang berputar untuk menurunkan suhu mesin. Alhasil, mobil akan overheat. Solusinya adalah me
- Tutup Radiator Tidak Bekerja
Tutup radiator yang rusak tidak bisa menyedot air pada tempat penyimpanan. Sehingga ketika radiator kehabisan air, kondisinya akan tetap kering. Ini kadang tak disadari oleh pemilik mobil, merasa cadangan air radiator banyak sehingga santai mengemudi. Padahal, di dalam radioator airnya sudah habis. Jika mengalami hal ini, yang perlu kita lakukan adalah cukup mengganti tutup radiator dengan yang baru.
- Saluran Radiator Mampet
Jika air radiator sudah terisi penuh, kemudian tutupnya berfungsi normal, maka problem overheat adalah dari saluran yang mampet. Biasanya, saluran radiator mampet ini terjadi karena kita sembarang menggunakan air. Padahal, untuk radiator ada cairan khusus. Jika mengalami masalah ini, langkah terbaik adalah membawa mobil ke bengkel radiator untuk dibersihkan oleh ahlinya.
- Terbentur Benda Keras
Ketika melewati jalan bergelombang dan bebatuan, berhati-hatilah. Kadang tanpa sengaja radiator mengenai batu sehingga terjadi kebocoran. Meskipun bocornya cuma seukuran jagung, tapi ini sudah masalah. Air radiator akan terus menetes sehingga alirannya tidak sempurna dan mengakibatkan cairan cepat habis.
- Plastik Getas
Karena lokasinya berdekatan dengan pusat panas pada mesin, maka komponen yang satu ini cukup rentan mengalami getas, baik pada plastik maupun karet. Misalnya pada tabung reservoir yang terbuat dari plastik dan selang yang terbuat dari karet. Ketika aus, maka akan terjadi kebocoran. Biasanya, ketika sudah terjadi bocor, sulit untuk diperbaiki. Walaupun bisa, mungkin usianya tidak awet sehingga lebih direkomendasikan membeli yang baru.
Ciri-Ciri Mobil Overheat
- Tarikan mobil tiba-tiba jadi kasar
- AC jadi tidak dingin
- Pedal gas dan kopling jadi lebih berat
- Lampu indikator menyala
- Mesin mati/mogok mendadak
- Bunyi berdengung pada mesin
- Keluar uap dari dalam kap mobil
Saat mobil mogok atau mati tiba-tiba, tentu kita akan bingung. Usahakan tetap tenang, meminta bantuan orang untuk mendorong mobil ke tepi. Ingat, jangan buka tutup radiator ketika kondisi mobil sedang overheat karena sedang terjadi suhu panas di dalam, takut sisa-sisa air muncrat dan terkena kulit atau wajah.
Jika mobil berhenti ketika overheat, jangan selimuti dengan sarung mobil biasa karena panas yang tinggi akan membuat lapisan sarung luntur. Kecuali, sarung mobil yang layernya berlapis-lapis seperti Durable Xtrem.
Durable X-Trem Car Cover adalah sarung mobil tangguh yang sangat tepat digunakan untuk melindungai mobil dari terik matahari ataupun akibat mesin suhu tinggi.
Durable X-Trem punya sebuah fitur unggulan, yaitu extra heat-blocker (anti panas sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik untuk menghadapi cuaca ekstrem, seperti musim panas yang sangat terik. Dengan menggunakan Durable X-Trem, mobil akan terlindungi secara maksimal.
Tampilannya elegant, mewah, dan terlihat sangat eksklusif. Bagian dalam tetap menggunakan kain lembut sehingga aman pada mobil dan tidak menyebabkan baret. Sedangkan pada bagian luar, Durable X-Trem menggunakan material yang membuatnya perkasa melindungi mobil.
Untuk memilki Durable X-Trem, bisa membelinya secara langsung melalui marketplace resmi Durable Indonesia dengan tautan berikut ini.