6 Penyebab Warna Cat Mobil Pudar dan Kusam

Salah satu pertimbangan dalam memilih mobil adalah dari warnanya. Ya, sebab setiap orang punya selera masing-masing perihal warna. Selain itu, warna yang cerah dan mengkilap merupakan sebuah kebanggaan tersendiri sehingga semua pemilik mobil akan melakukan berbagai upaya perawatan agar warna mobil tidak pudar ataupun kusam.

Sebagai edukasi, kali ini Blog Durable akan memberikan informasi penyebab cat mobil pudar dan kusam yang penting diketahui oleh semua pemilik mobil. Apa saja penyebabnya? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Jarang Dibersihkan

Hal pertama yang harus dilakukan agar cat mobil awet adalah rutin dibersihkan. Jika kita jarang membersihkan mobil, maka jangan heran jika warnanya akan pudar dan kusam dalam waktu cepat. Dan jika ingin membersihkan mobil, usahakan untuk menyiramnya terlebih dahulu, jangan mengelapnya dalam kondisi kering karena bisa membuat goresan kecil dari debu dan kerikil yang menempel.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Krom Mobil Supaya Tetap Kinclong

2. Menggunakan Kain Kasar

Jangan gunakan kain kasar untuk membersihkan mobil. Kebanyakan orang memang tidak memperhatikan ini karena dianggap sepele. Padahal, tanpa disadari, menggunakan kain kasar akan berdampak pada cat mobil, seperti baret dan membuat lapisan cat semakin menipis. Oleh karenanya, gunakan kain khusus yang lembut dan aman untuk cat mobil.

3. Menggunakan Sembarang Cairan

Saat mencuci mobil, umumnya kebanyakan orang memakai sembarang cairan yang penting berbusa, seperti detergen, sampo, sabun colek, dan sebagainya. Padahal hal tersebut sangat tidak direkomendasikan karena senyawa yang dimiliki cairan tersebut dapat bereaksi pada cat mobil yang membuatnya menipis dan akhirnya memudar. Sebaiknya gunakan cairan khusus untuk mobil, meski harganya relatif lebih mahal, tapi tentu lebih aman digunakan.

4. Tidak Segera Dibilas Setelah Hujan

Kadang rasa malas membuat kita enggan membilas mobil setelah terkena air hujan dan membiarkannya begitu saja. Padahal, air hujan cukup berisiko merusak cat mobil. Selain membuatnya lebih tipis, air hujan juga bisa menyebabkan pertumbuhan jamur. Saat jamur sudah menumpuk, jangan sesali jika mobil kita akan tampak kusam dan seolah tidak terawat.

5. Disiram Tanpa Dikeringkan

Ini juga termasuk kesalahan yang sebetulnya tidak boleh dilakukan. Ketika kita membersihkan mobil, maka lakukanlah secara keseluruhan, jangan setengah-setengah. Setelah disiram air, segera keringkan dengan lap halus, jangan dibiarkan mengering sendiri karena air bisa meresap ke lapisan cat yang akhirnya membuat tipis. Jika dilakukan terus-menerus maka mobil akan lebih cepat kusam dan pudar warnanya.

6. Parkir Tanpa Sarung Mobil

Dan yang tak kalah penting juga adalah memarkir tanpa sarung mobil. Apalagi kalau parkirnya di tempat terbuka yang sangat panas. Tentu tidak hanya membuat cat pudar, tapi juga berpengaruh pada kabin mobil. Oleh karenanya, gunakan sarung mobil yang terbukti bisa menahan panas, seperti Durable Xtrem Car Cover.

Durable X-Trem Car Cover adalah sarung mobil tangguh yang sangat tepat digunakan untuk melindungai mobil dari terik matahari ataupun akibat mesin suhu tinggi.

Durable X-Trem punya sebuah fitur unggulan, yaitu extra heat-blocker (anti panas sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik untuk menghadapi cuaca ekstrem, seperti musim panas yang sangat terik. Dengan menggunakan Durable X-Trem, mobil akan terlindungi secara maksimal.

Tampilannya elegant, mewah, dan terlihat sangat eksklusif. Bagian dalam tetap menggunakan kain lembut sehingga aman pada mobil dan tidak menyebabkan baret. Sedangkan pada bagian luar, Durable X-Trem menggunakan material yang membuatnya perkasa melindungi mobil.

xtrem

Kelebihan Durable X-Trem

  • Lebih kuat terhadap panas (matahari atau mesin suhu tinggi)
  • Tangguh dan kuat terhadap cuaca ekstrem.
  • Melindungi mobil dari panas terik.
  • Tidak menimbulkan genangan air.
  • Tidak menyebabkan baret atau lecet pada mobil.
  • Kuat terhadap sinar matahari maupun hujan.
  • Bisa custom untuk segala tipe dan jenis mobil.
  • Mudah di cuci.
  • Mudah di pasang karena tidak menggunakan Kuping Spion
  • Tersedia karet keliling body serta kancingan di setiap sisi roda mobil sehingga tidak terbang tertiup angin.
  • Bisa di pakai di indoor & OutDoor.
  • Bahan bagian luar dibuatkan khusus menahan rembesan air (Water Repealent)
  • Jika Mobil anda sudah di Modifikasi (Berubah ukuran) kami bisa custom 2-4 hari kerja.
  • Cover Ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan Outdoor.

Untuk memiliki Durable Xtrem, kita bisa membelinya langsung melalui link berikut ini: