Tanda-Tanda Wiper Rusak dan Harus Segera Diganti

Memasuki musim hujan, ada beberapa komponen mobil yang perlu diperhatikan kondisinya untuk meningkatkan kenyamanan mengemudi, salah satunya adalah wiper.

Wiper merupakan komponen penyeka yang fungsinya membersihkan kaca dari air dan debu.

Maka, wiper menjadi sangat penting ketika musim hujan tiba. Dimana, kaca yang penuh dapat disapu bersih sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi.

Namun, hendaknya kita mengetahui bagaimana kondisi wiper, apakah masih layak digunakan atau sudah rusak sehingga harus ganti yang baru.

Sebab, sering terjadi, pengemudi merasa wiper mobilnya baik-baiknya saja, padahal sebetulnya sudah usang.

Biasanya pengemudi baru menyadari ketika sudah terjebak hujan deras ketika mengemudi. Pandangan menjadi terbatas dan sangat menyulitkan pengemudi.

Maka dari itu, simak beberapa tanda wiper rusak dan harus diganti berikut ini.

1. Karet Mengeras

Karet wiper yang mengeras menandakan jika kondisinya sudah usang. Ketika sudah keras, maka daya sapunya pun jadi tidak maksimal.

Hal tersebut dikarenakan daya cengkeram karet wiper sudah tidak kuat lagi.

Jika dipaksakan, bukan hanya berisiko, tapi juga bisa merusak kaca. Sebab karet yang mengeras dapat membuat kaca baret.

2. Muncul Bunyi Tak Normal

Tanda wiper rusak selanjutnya adalah wiper mengeluarkan bunyi-bunyi tidak normal ketika sedang digunakan.

Adapun bunyinya seperti mendecit ataupun suara aneh lainnya. Itu menandakan wiper sudah rusak, kerjanya tidak bisa optimal sehingga harus diganti dengan yang baru.

3. Rangka Wiper Bengkok

Ciri selanjutnya adalah kondisi dari rangka wiper itu sendiri. Jika kita melihat rangkanya bengkok, maka itu sudah dapat dikatakan sebagai rusak.

Sebab biasanya rangka yang bengkok tidak dapat menempatkan karet secara sempurna pada kaca sehingga meskipun karetnya masih bagus, tapi fungsinya tidak optimal.

4. Bercak Air Masih Tersisa

Ciri-ciri wiper rusak yang paling mudah terlihat adalah ketika masih ada bercak air tersisa di kaca mobil.

Itu artinya wiper sudah tidak bisa menyapu air secara sempurna sehingga masih terlihat bercak-bercak air menempel.

Meskipun dicoba beberapa sapuan, air tetap saja tidak bisa bersih karena mungkin ada masalah pada karet maupun komponen pendukung lainnya.

Nah, itulah beberapa tanda wiper rusak dan harus diganti. Memilih wiper jangan asal, agar bisa berfungsi efektif dan jangka waktu lama. Salah satu rekomendasi adalah wiper Bosch yang bisa kita beli di sini (KLIK DISINI)