Tips dan Trik Membersihkan Rumah

Rumah merupakan salah satu asset penting untuk anda. Sebagai tempat anda tinggal, bertamu, dan beristirahat, kita sangat perlu menjaga rumah kita tetap bersih bukan hanya untuk membuat kita nyaman saat beristirahat, tetapi juga nyaman saat bertamu. Tetapi terkadang kita bingung membersihkan rumah atau mungkin hanya tahu dasarnya seperti menyapu dan mengepel, tetapi bingung saat perlu membersihkan misalnya kamar mandi atau kamar tidur, terutama sangat sering dihadapi oleh anak kos yang baru keluar dari rumah orang tua. Oleh karena itu berikut adalah tips dan trik membersihkan rumah.

  1. Kamar mandi: Untuk kamar mandi ada empat tempat yang perlu diperhatikan, yaitu lantai, daerah sink cuci tangan (termasuk cermin), toilet tempat buang air kecil dan buang air besar, serta shower bila anda menggunakan shower.
    Untuk lantai kamar mandi, tidak bisa membersihkannya dengan menyapu dan mengepel, tetapi anda membersihkan dari kerak air. Oleh karena itu setelah mandi, sebaiknya air pada lantai kamar mandi selalu di serok ke drainase untuk menjaga lantai tetap kering. Selain menjaga lantai tidak berkerak, hal tersebut juga menjaga kita aman saat ke kamar mandi agar tidak terpelesetBila lantai kamar mandi mulai berkerak, bisa menggunakan obat pel yang dicampur dengan power scrub. Caranya campurkan obat pel dengan power scrub lalu sikat lantai dengan sikat yang keras. Kemudian siram lantai dengan air lalu serok air ke drainase.

    Untuk bagian sink, masalah terbesar anda adalah kerak pada keran dan bercak air pada cermin. Begitu juga pada shower. Oleh karena itu pembersih chrome dapat menghilangkan kerak pada sink, dan untuk kaca bekas ludah saat menggosok gigi harus segera dibersihkan, dan bila sudah kotor dapat menggunakan glass polish untuk membersihkannya.

    Untuk bagian toilet, etiket dasar cukup untuk menjaga kebersihan toilet, seperti flush setelah buang air, dan membersihkan setiap buang air besar. Selain itu obat toilet juga dapat digunakan untuk menjaga toilet tetap bersih

    Tambahan untuk sink, sebaiknya untuk anda yang mencukur kumis atau sering berdandan di toilet, setidaknya setiap 6 bulan sekali pipa sink dinbongkar untuk membersihkan pipa dari bekas rambut yang dapat membuat pipa mampet

  2. Kamar tidur: Untuk kamar tidur, lantai dapat dibersihkan normal dengan sapu dan pel, tetapi yang perlu perhatian khusus adalah kasur. Untuk kasur, sangat disarankan mengganti bed cover setidaknya sebulan sekali, tetapi bila anda sering memakai kasur bukan hanya malam hari, sebaiknya diganti setidaknya dua minggu sekali. Selama bed cover belum diganti, jaga bed cover tetap bersih dengan meraphikan kasur setiap bangun tidur dan kalau bisa menyemprotkan atau memakai disinfektan pada bed cover. Bila anda kurang suka wangi disinfektan, ada beberapa produk bed spray yang memiliki double action sebagai disinfektan. Untuk sarung bantal dan guling aplikasikan aturan yang sama untuk bed cover, dengan pengecualian guling dapat diganti dalam jangka waktu yang lebih lama jika tidak setiap hari dipakai untuk tidur.
  3. Ruang tamu: Untuk ruang tamu, hal yang perlu diperhatikan adalah sofa dan karpet, terutama sofa jika terbuat dari kulit sintetik. Kulit sintetik dan kulit alami memerlukan alat pembersih khusus kulit karena kulit merupakan bahan yang rentan rusak. Karpet sebaiknya disarankan dibersihkan bukan dengan sapu dan pel, tetapi dengan vakum cleaner.

Demikian tips dan trik cara membersihkan rumah. Simak Blog Durable untuk tips dan trik lainnya.