Toyota Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru, Harganya 200 Jutaan
Kabar terbaru datang dari PT Toyota Astra Motor (TAM) yang akhirnya resmi meluncurkan Avanza dan Veloz generasi terbaru pada Rabu, 10 November 2021. Kedua jagoan Toyota ini mendapat perombakan yang cukup menyeluruh, mulai dari desain, basis yang digunakan, serta fitur-fitur pendukung lainnya.
Dikutip dari laman kompas, Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto menuturkan jika Avanza dan Veloz sekarang hadir sebagai dua merek yang berbeda.
“Hadir sebagai dua brand yang berbeda, All New Veloz kami fokuskan untuk dapat memenuhi kebutuhan mobilitas bagi mereka yang lebih mementingkan sisi emosional atas sebuah pencapaian,” ujar Henry dalam konferensi virtual, Rabu (10/11/2021), dikutip laman Kompas.
“Sementara All New Avanza kami persiapkan bagi mereka yang mencari partner mobilitas terbaik, yang dapat diandalkan, dan memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga,” imbuhnya.
Baca juga: Kabar Gembira, Piaggio Bakal Produksi Vespa di Indonesia Tahun Depan
Avanza dikembangkan sebagai kendaraan yang multifungsi, sedangkan Veloz lebih kepada sisi emosional yang mengedepankan style dan kaya akan fitur. Dengan begitu, diharap hadirnya Avanza dan Veloz versi terbaru ini bisa menjawab serta memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas.
Untuk harga, kedua jagoan baru ini dibanderol dengan harga yang tidak terlampau jauh perbedaannya. Avanza terbaru dibanderol dari Rp 206,2 juta (tipe E M/T) sampai Rp 264,4 juta (tipe 1.5 G CVT TSS). Sedangkan untuk Veloz terbaru dibanderol mulai Rp 251,2 juta (tipe MT) sampai Rp 291,5 juta (tipe Q CVT TSS).
Untuk dimensinya, Avanza dan Veloz terbaru memiliki ukuran (PxLxT) 4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm, serta wheelbase 2.750 mm. Adapun untuk model sebelumnya, Avanza maupun Veloz memiliki dimensi (PxLxT) 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm, serta jarak sumbu roda 2.655 mm.
Ada hal yang menarik, yaitu terlihat gambar dan video Avanza dan Veloz terbaru di sosial media sebelum hari peluncuran. Tentu saja konten tersebut mengundang reaksi para netizen. Sebab, kebanyakan mobil sebelum diluncurkan tidak mungkin mengaspal untuk menjaga identitas.
Tapi, pada kali ini berbeda. Banyak netizen yang beranggapan jika ini menjadi salah satu strategi pihak perusahaan untuk mengenalkan jagoan barunya.