Simak Kriteria Subsidi Konversi Motor Listrik!

Saat ini kementrian energi dan sumber daya mineral Indonesia sedang menggenjot persentase kendaraan yang menggunakan sumber energi hijau. Salah satu program untuk menggenjot tersebut adalah program insenstif konversi motor listrik. Konversi motor listrik merupakan program untuk mengubah motor bensin anda menjadi motor listrik. Saat ini insentif yang diberikan naik dari 7 juta rupiah menjadi 10 juta rupiah. Dengan adanya insentif tersebut harga paling tinggi untuk konversi menjadi 7 juta rupiah (17 juta dikurangi 10 juta). Bagi teman-teman yang tertarik bisa cek di link ini.

Tetapi tahukah teman-teman kalau tidak semua motor bisa masuk ke program konversi tersebut? Dari batas usia, kondisi motor, dan kapasitas mesin berpengaruh terhadap apakah motor anda dapat melakukan konversi tersebut. Berikut adalah syarat-syarat motor anda layak menerima konversi dari bensin ke listrik:

1. BPKB dan STNK motor sesuai dengan KTP Anda

2. Pemilik menandatangani surat persetujuan konversi motor

3. Kapasitas mein motor 110-150 cc.

4. Kondisi motor masih layak jalan dan secara fisik lengkap sesuai peraturan keselamatan motor

5. STNK masih berlaku

7. Pajak kendaraan sudah dibayar

8. Batas usia motor 10 tahun

Nah, bagi yang tertarik konversi motor bisa di link di atas dapat mencari nih bengkel motor yang sudah disertifikasi kementrian energi dan sumber daya mineral untuk konversi motor teman-teman. Subsidi ini juga terbatas loh, hanya 150.000 unit motor tahun 2024 yang dialokasikan mendapatkan insentif tersebut. Oleh karena itu kalau teman-teman tertarik bisa segera mengecek bengkel terdekat yang dapat mengonversi motor teman-teman.

Nah untuk kelebihan dan kekurangan motor listrik kira-kira apa sih? Kalau teman-teman yang masih penasaran bisa cek di link ini ya untuk pertimbangan apakah teman-teman lebih baik stay atau konversi ke motor listrik.

BIla teman-teman butuh cover motor custom untuk motor konversi teman-teman, bisa cek tokopedia Durable ya!

Simak terus untuk tips otomotif lainnya!