6 Bahan Alami Pengusir Nyamuk Paling Ampuh dan Aman

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ada berbagai jenis nyamuk, mulai dari yang tidak berbahaya, sampai yang mematikan seperti nyamuk penyebab demam berdarah.

Yang mengkhawatirkan adalah kita tidak tahu jenis nyamuk mana yang berbahaya karena jika dilihat sepintas, semua nyaris sama. Oleh karenanya, penting untuk kita ketahui bagaimana cara mengusir nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah. Pada artikel ini, Blog Durable akan memberikan tips mengusir nyamuk menggunakan bahan alami, berikut diantaranya:

1. Daun Serai

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Ya, serai atau sereh merupakan salah bahan alami yang digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun, ternyata serai punya manfaat lain. Menurut riset, serai yang juga dikenal sebagai Citronella bisa mengusir nyamuk karena aromanya.

2. Kayu Manis

Kayu manis juga merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Tapi, kayu manis ternyata juga mengandung cinnamaldehyde yang sangat dibenci oleh nyamuk, khususnya nyamuk penyebab demam berdarah. Maka dari itu, air rebusan kayu manis bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara disemprotkan ke setiap sudut ruangan.

3. Kulit Jeruk

Selama ini kita tidak pernah menyangka jika kulit jeruk juga mampu mengusir nyamuk dengan ampuh. Hal tersebut dikarenakan kulit jeruk mengandung lemonen yang diklaim mampu mengganggu sistem pernapasn nyamuk. Sehingga nyamuk tidak akan berani bersarang di area yang berada kulit jeruknya. Tapi, jika dibiarkan terlalu lama, kulit jeruk akan membusuk dan justru mendatangkan jenis serangga lain, seperti lalat.

Baca juga: Banyak Nyamuk di Dalam Mobil? Begini Cara Paling Aman Mengusirnya

4. Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini pasti ada di dapur kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata bawang putih juga berguna untuk mengusir nyamuk. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung senyawa sulfur alami yang aromanya dibenci nyamuk. Cara menggunakannya dengan merebus bawang putih, kemudian diamkan, tuangkan pada spray. Lalu semprot ke setiap sudut rumah. Tapi jangan terlalu berlebihan karena risikonya bisa membuat rumah bau bawang.

5. Kemangi

Kemangi merupakan dedaunan yang biasa kita gunakan sebagai lalapan. Aromanya memang khas, tapi dari aroma itulah ternyata kemangi bisa mengusir nyamuk secara cepat. Menurut riset, aroma kemangi berasal dari zat geraniol yang dibenci oleh nyamuk. Cara menggunakannya adalah dengan menggantungkan daun kemangi di setiap sudut yang dihuni nyamuk.

6. Lavender

Lavender sudah banyak digunakan untuk berbagai jenis minyak, seperti minyak terapi, hingga minyak pengusir nyamuk. Bahkan, tidak hanya nyamuk saja, Lavender juga dipercaya bisa mengusir jenis serangga lain seperti lalat, kecoa, agas, dan sebagainya. Kita bisa meletakkan lavender di meja, lemari, atau ruang tamu untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa mengusir nyamuk dengan aman karena tanpa efek samping. Namun, memang sedikit merepotkan karena kita harus merebusnya terlebih dahulu. Belum lagi, jika kita lupa menaruh, bisa-bisa bahan tersebut jadi busuk.

durable pengusir serangga

Namun, jangan khawatir, ternyata ada bahan alami pengusir nyamuk yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami tersebut, yaitu X Mos Insect Repellent. Ya, produk dari Durable ini diformulasikan khusus untuk mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami dan tanpa efek samping. Selain itu, juga dilengkapi dengan aroma terapi yang tidak mengganggu pernapasan. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup semprot, maka nyamuk akan langsung pergi.

Mau punya formula praktis ini? Kamu bisa membelinya melalui link berikut.

Tokopedia

Bukalapak

Shopee

Lazada

Jd.id