Masalah Umum Pada Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya

 

Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil, apalagi di musim hujan. Fungsinya sebagai pembersih kaca dari air dan debu. Namun, meski fungsinya cukup vital untuk pandangan berkendara, nyatanya komponen yang satu ini masih sering diabaikan kondisinya.

Jika wiper mengalami kendala ketika di rumah, maka kita bisa dengan mudah memperbaiki atau langsung mengganti. Namun, bagaimana jadinya jika wiper mengalami kendala ketika kita sedang berkendara di tengah hujan lebat? Tentu sangat merepotkan.

Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa masalah umum pada wiper dan cara mengatasinya.

Wiper Lemah

Hal ini sering terjadi pada wiper, di mana kekuatan menyapu tidak kencang seperti biasanya. Jika terjadi wiper lemah, mekanik biasanya memeriksa bagian link dan porosnya untuk memastikan. Jika hanya seret, bisa diatasi dengan melumasi grease. Namun, jika tidak bisa tertolong oleh grease, maka harus diganti karena takutnya mati mendadak di tengah perjalanan.

Air Wiper Tidak Keluar

Air wiper tidak keluar kadang bikin panik saat sedang berkendara kemudian ada kotoran atau debu yang menempel di kaca mobil. Untuk mengetahui, periksa terlebih dahulu tangki air di dalam kap mobil. Jika habis, maka segera isi. Jika ternyata tangki masih penuh dan air tetap tidak mau keluar, berarti ada yang salah, bisa dari selang atau komponen lain. Lebih baik segera bawa ke bengkel untuk memperbaikinya.

Motor Air Wiper Tidak Berfungsi

Di dalam tabung reservoir terdapat motor yang fungsinya untuk memompa air saat difungsikan. Ciri-ciri motor air ini berfungsi adalah mengeluarkan bunyi berdengung. Jika tidak terdengar suara apapun, maka patut dicurigai motor air tidak berfungsi.

Ujung Washer Tersumbat

Kendala ini juga umum terjadi pada wiper. Tapi, mesti terlihat sepele nyatanya masih banyak yang belum mengetetahui. Wajar saja, ujung washer yang ukurannya cenderung kecil seperti jarum memang rawan tersumbat oleh debu atau kotoran sehingga menyebabkan buntu.

Karet Wiper Sudah Aus

Karet wiper bisa aus akibat usia dan penggunaan. Ini hal yang wajar terjadi. Jika melihat karet sudah getas atau aus, maka sebaiknya diganti. Usahakan untuk menggunakan wiper dengan karet yang lentur. Sebab, wiper dengan karet keras berisiko membuat kaca mobil baret.