Mengenal Jenis-Jenis Wiper Mobil Terbaik dan Kelebihannya

Wiper adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari air atau embun. Cara kerjanya, wiper mengusap kaca dengan karetnya sehingga air dan embun yang menempel di kaca akan tersapu sehingga bersih kembali.

Wiper menjadi alat yang sangat penting dan wajib digunakan pada mobil demi keselamatan dan kenyamanan mengemudi. Tapi, tak berhenti dengan manfaat itu saja, wiper juga bisa sebagai aksesoris yang mampi mempercantik tampilan mobil kita.

Nah, bicara tentang wiper, kali ini Blog Durable akan membahas jenis-jenis wiper yang umum digunakan. Artikel ini bermanfaat untuk kita yang bingung memilih wiper terbaik dan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, simak beberapa jenis artikel berikut ini.

1. Wiper Konvensional

Jenis wiper konvensional bisa kita temui pada mobil-mobil lama, tidak pada mobil keluaran baru. Dikatakan konvensional karena cukup sederhana, yaitu hanya terdiri dari karet dan braket.

Jenis wiper ini menggunakan gagang besi sebagai rangka karetnya sehingga kurang efektif untuk membersihkan seluruh bagian kaca mobil. Oleh karenanya, jenis wiper yang satu ini kurang diminati dan jarang digunakan mobil-mobil keluaran terbaru.

2. Wiper Frameless

Berbeda dengan wiper konvensional yang terbuat dari gagang besi, jenis wiper frameless ini justru didominiasi oleh bahan plastik. Kelebihannya, wiper frameless punya permukaan yang lebih halus sehingga tidak menyebabkan lecet atau baret pada kaca.

Namun, kelemahan dari wiper ini adalah tidak bisa mengganti karetnya saja. Jadi, kalau karetnya rusak, harus diganti sekaligus semuanya, alias beli baru satu set wiper.

3. Wiper Flat-Blade

Dibanding dengan jenis wiper sebelumnya, wiper flat-blade ini tergolong yang paling simpel dan ringan. Secara keseluruhan, material yang digunakan pada wiper ini terbuat dari bahan karet, walaupun ada beberapa komponen yang terbuat dari besi pipih untuk material selipan.

Desainnya yang sederhana menjadikan wiper ini sangat simpel dan mudah digunakan. Namun, meskipun terkesan sederhana, desainnya dapat mengikuti bentuk kaca sehingga bisa menyapu bersih seluruh bagian kaca mobil kita.

4. Wiper Hibrida

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan jenis wiper yang satu ini. Ya, wiper hybrid atau hibrida merupakan salah satu wiper yang cukup populer belakangan ini. Lantas, apa itu wiper hibrida?

Wiper hybrid adalah jenis wiper yang merupakan perpaduan antara wiper flat-blade dan konvensional. Sekilas, tampilannya memang mirip dengan wiper konvensional karena menggunakan frame besi, tapi komponen lainnya mengikuti jenis frame flat-blade.

Jadi, kekuatannya sangat baik, kemudian daya sapunya maksimal, dapat membersihkan seluruh bagian kaca. Lebih dari itu, sepanjang rangkanya terbungkus plastik dan karet knockdown sebagai spoiler udara agar aerodinamis.

Nah, itulah beberapa jenis wiper yang paling populer digunakan mobil. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mobil masing-masing. Namun, perlu diingat, menggunakan wiper hanya bisa mengusap air hujan pada kaca mobil, tapi tidak bisa menghindari risiko munculnya jamur.

glass coating

Sebagus dan sekuat apapun jenis wiper yang kita gunakan, jamur tetap saja mengintai kaca mobil. Oleh karenanya, dibutuhkan formula khusus agar kaca mobil tidak berjamur, seperti Glass Coating dari Durable Indonesia.

Glass Coating memang diformulasikan khusus untuk melindungi kaca mobil dari jamur. Cara kerjanya, Glass Coating melapisi kaca sehingga membuat air langsung mengalir dengan sendirinya seperti daun talas. Dengan bantuan cairan ini, wiper pun akan semakin maksimal kerjanya.

Jangan takut, sebab Durable Glass Coating sudah melakukan serangkaian uji kelayakan. Hasilnya, Glass Coating terbukti efektid dengan nol risiko. Ya, produk yang satu ini sama sekali tidak memiliki efek samping ataupun risiko untuk kaca mobil.

Seperti yang kita ketahui, banyak keluhan terjadi akibat pembersih jamur yang membuat kaca menjadi belang dan baret. Itu dikarenakan cairannya mengandung zat kimia aktif. Alhasil bukannya melindungi kaca, malah bisa merusak.

Jika kaca mobil baret dan belang, tentu kita harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki ataupun membeli kaca mobil yang baru. Apalagi untuk mobil-mobil keluaran Eropa, sangat berisiko jika kita menggunakan cairan anti jamur belum terbukti kemampuannya. Maka dari itu, daripada berisiko, lebih baik kita menggunakan Glass Coating yang telah terbukti kemampuan dan keamanannya.

Untuk memiliki Durable Glass Coating, kita bisa membelinya langsung melalui marketplace resmi Durable dengan menggunakan link berikut ini.

Tokopedia

Lazada

Bukalapak