Penyebab Defogger Mobil Rusak

Defogger menjadi salah satu perangkat yang cukup penting untuk mobil, fungsinya untuk menghilangkan embun pada kaca pada bagian belakang.

Perangkat penghilang embun ini berupa kawat tipis yang menempel pada kaca yang memiliki bentuk garis horizontal.
Cara kerjanya yaitu dengan adanya aliran panas pada kawat kemudian akan membuat kaca menjadi hangat sehingga embun yang ada hilang dengan sendirinya.

Defogger ini tidak membutuhkan perawatan lebih layaknya komponen lain pada mobil. Meski begitu bukan berarti perangkat ini tidak bisa rusak.

Apabila kaca mobil berembun tentunya sangat mengganggu visibilitas saat berkendara. Oleh sebab itu ada beberapa mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur defogger.

Fitur defogger berfungsi untuk mencegah munculnya embun pada kaca mobil, defogger biasanya terletak pada bagian kaca belakang. Namun pemilik mobil seringkali tidak memperhatikan fitur ini.

Seperti halnya komponen lain, defogger juga bisa mudah rusak apabila tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini beberapa penyebab defogger mobil rusak.

1. Defogger Lupa Dinonaktifkan

Defogger pada mobil hanya bisa dimatikan secara manual karena penggunaannya dalam waktu tertentu saja. Oleh karena itu matikan defogger apabila tidak Anda gunakan.

Untuk cara kerja dari defogger yaitu memanaskan filamen yang menempel pada kaca, setelah filamen panas maka embun akan menguap. Kemudian apabila embun pada kaca sudah menghilang, maka pengemudi harus langsung mematikan defogger. Jika defogger yang dibiarkan menyala tentu saja menjadi salah satu penyebab dari defogger mobil mudah rusak.

2. Teknik Membersihkan Kaca Mobil yang Salah

Membersihkan kaca secara sembarangan membuat defogger mobil mudah rusak. Selain itu, penggunaan kaca juga harus diperhatikan saat membersihkan defogger mobil. Kita bisa menggunakan cairan pembersih yang sesuai dan bersihkan kaca secara hati-hati. Sebab teknik yang salah dan cairan pembersih yang sesuai dapat mengakibatkan korosi pada defogger loh.

3. Salah Mengganti Kaca Film

Supaya tampilan mobil menjadi lebih keren, biasanya pemiliki mobil akan mengubah kaca film. Namun perlu diingat bahwa penggantian kaca film yang sembarangan pada bagian kaca belakang dapat merusak defogger.

Filamen defogger bisa saja putus apabila penggantian kaca film dilakukan dengan sembarangan, oleh karena itu pemilik mobil harus memperhatikan filamen pada defogger terlebih dahulu sebelum mengganti kaca film.

Cara Menggunakan Defogger dengan Baik dan Benar

Tombol defogger biasanya selalu berada di dekat setir mobil, tombol ini selalu bertuliskan logo seperti embun. Defogger memiliki kegunaan yang cukup penting pada mobil terlebih pada saat hujan.

Kita cukup memencet tombol yang berlogo embun yang terdapat pada dekat setir mobil untuk mengaktifkannya.

Defogger memiliki dua macam yaitu jenis defogger yang menggunakan udara dan satunya menggunakan elektrik.

Pada kaca depan mobil biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk ke dalam mobil yang melalui ventilasi yang berada di bagian dasbor. Sedangkan untuk defogger elektrik biasanya digunakan pada bagian kaca belakang.

Perawatan Defogger 

Walaupun nyaris tanpa perawatan, tapi ada baiknya kalau kita memerhatikan beberapa hal yang cukup penting seperti waktu untuk menghidupkannya atau membersihkan kaca belakang.

Suatu saat defogger bisa saja rusak.
Salah satu penyebab karena penggantian kaca film, terlihat jelas defogger yang rusak misalnya akan ada perbedaan warna antara yang masih aktif atau tidak. Namun biasanya yang masih aktif memiliki warna lebih gelap.