Sebelum Mobil Rusak Parah, Kenali Penyebab Suara Berisik Pada Mesin Mobil

Pernahkah kamu mengalami mesin mobil yang kasar dan berisik?

Perlu diketahui, mobil adalah kendaraan yang terdiri dari beberapa komponen rumit yang saling memengaruhi satu sama lain.

Berpedoman pada prinsip tersebut, biasanya jika ada satu komponen yang rusak, akan memengaruhi komponen lainnya.

Begitupula dengan suara berisik pada mobil. Jika dilihat dari gejalanya, suara berisik tersebut bisa diasumsikan akibat gesekan antara dua benda atau komponen.

Namun, jika diteliti lebih dalam, sebetulnya ada beberapa penyebab suara bising di mesin mobil yang tentu saja membuat kenyamanan mengemudi menjadi terganggu.

Apa saja penyebab mesin mobil bersuara?

1. Kurang Oli Pada Mesin Mobil

Sumber bunyi kasar pada mobil juga bisa disebabkan karena oli yang kurang.
Salah satu cirinya adalah muncul suara kasar yang berasal dari bagian atas pada pengaturan katup. Hal ini biasanya terjadi karena ada kebocoran oli, sehingga oli mudah habis maupun karena kondisi ring piston yang sudah aus.

Apabila sudah terdengar bunyi kasar tersebut, jangan dibiarkan karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

2. Kompresor AC Mobil

Ciri yang paling mudah untuk diidentifikasi dari mana asal bunyi kasar pada mobil adalah bunyi kasar yang muncul saat AC mobil dinyalakan.

Terdapat beberapa penyebab munculnya bunyi kasar tersebut, mulai dari oli kompresor AC mobil yang sudah hampir habis maupun karena banyaknya kotoran-kotoran dalam kompresor AC mobil.

Untuk mengatasinya relatif mudah. Kita bisa melakukan flushing. Namun tidak cukup hanya flushing saja, kita juga perlu beberapa tindakan lain termasuk mengganti beberapa komponen yang berhubungan.

3. Bearing Pada Mobil Bermasalah

Apakah suaranya berdengung secara terus-menerus dan semakin kencang ketika RPM naik? Juga saat mesin mobil panas?

Jika terjadi hal tersebut maka dapat dipastikan yang bermasalah adalah pada bagian bearing.

Ada beberapa macam bearing pada mobil misalnya tensioner, alternator, idler, kompresor dan water pump.

Namun karena banyaknya bearing dalam mobil juga sulit untuk menentukan bearing mana yang bermasalah. Apabila demikian, maka kita membutuhkan jasa montir untuk mencari tahu secara pasti sumber masalahnya. Biasanya, bengkel saat ini menggunakan alat khusus bernama sound scope untuk mencari tahu dari mana asal sumber masalah tersebut.

4. Masalah pada Belt atau Sabuk

Belt atau orang-orang yang sering menyebutnya sebagai sabuk atau tali kipas merupakan komponen yang menghubungkan antara satu pull dengan yang lainnya.

Belt ini juga menghubungkan antara putaran kipas radiator dengan alternator dan komponen AC. Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada belt mobil antara lain kotornya tali kipas, keringnya tali kipas, rusaknya tali kipas maupun ukuran tali kipas yang kurang pas.

Indikator untuk masalah keringnya tali kipas atau ukuran tali kipas yang kurang pas bisa diketahui apabila kita mendengar bunyi mendecit.

Jika mendengarnya, maka disarankan untuk segera diperbaiki ke bengkel. Sebab, jika terus menerus dibiarkan, tali kipas tersebut akan copot dan putus di tengah jalan sehingga akan mengakibatkan mesin mobil bisa mogok di tengah jalan.