Cara Mengetahui Nomor Identifikasi Kendaraan / Nomor Rangka Mobil

Nomor Identifikasi Kendaraan / Nomor Rangka Mobil merupakan kode unik yang dimiliki setiap mobil untuk identifikasi mobil tersebut dibuat dimana, siapa yang membuat, dan jenis kendaraan anda. Bisa dibilang Nomor Rangka Mobil tersebut seperti layaknya nomor KTP untuk manusia.

Nah di mana sih kita bisa melihat nomor rangka mobil kita? ada beberapa tempat kita bisa mencarinya.

  1. Di STNK. Tempat paling mudah mencari nomor rangka kita adalah di STNK kendaraan kita.
  2. Di Dashboard. Bila anda sedang tidak memegang STNK anda atau STNK anda hilang, anda bisa melihat nomor rangka mobil pada bagian dashboard, biasanya di sisi pengemudi di dekat kaca depan mobil teman-teman, tertera pada sebuah stiker atau plate logam.
  3. Di Kap Mesin. Bila teman-teman tidak menemukan plat nomor rangka mobil di dashboard, terkadang ada perusahaan yang menaruh nomor tersebut di kap mesin
  4. Di Engsel Pintu Mobil. Tempat terakhir biasanya kurang lazim, tetapi terkadang di kasus langka perusahaan menaruh nomor rangka di engsel pintu mobil. Buka pintu mobil teman-teman dan cek sendi pintu tersebut.

Nah untuk cara membacanya teman-teman bisa dengan cara berikut:

  • Nomor rangka terdiri dari 17 karakter
  • karakter 1-3 menunjukan tempat produksi mobil tersebut
  • Untuk karakter 4-9 merupakan nomor pendeskripsi kendaraan
  • Sedangkan karakter 10-17 merupakan nomor identitas kendaraan

Untuk karakter 1-3 dibagi lagi menjadi dua. Karakater 1-2 menunjukkan negara produksinya. Berikut contohnya:

JA-J0: Jepang
LA-L0: Cina
MA-ME: India
MF-MK: Indonesia
ML-MR: Thailand
PL-PR: Malaysia
RL-RR: Vietnam

Untuk karakter ketiga merupakan merk kendaraan tersebut. Berikut contohnya:

Y: Suzuki
F: Toyota
R: Honda
K: Daihatsu

Karakter 4-9 dibagi menjadi dua. Karakter 4-8 menunjukkan spesifikasi kendaraan. Karakter ke sembilan merupakan checksum, yaitu karakter yang dipakai otorotias untuk menentukan apakah nomor rangka yang anda berikan benar atau tidak. Untuk algoritma cara menentukan checksum tersebut hanya otoritas yang berwenang yang tahu. Checksum tersebut merupakan nomor pengaman supaya orang tidak menjual beli mobil palsu dengan nomor rangka yang asal-asalan.

Untuk karakter 10-17 identitas kendaraan melingkupi informasi kode pabrik dan tahun mobil tersebut diproduksi.

Nah, sekarang apa sih kegunaan kita tahu cara membaca dan tahu nomor rangka mobil kita? Alasan utamanya adalah untuk keamanan kita, serta transaksi jual beli mobil. Untuk alat keamanan, bila anda ingin claim asuransi atau mobil anda dicuri, pihak yang berwenang pasti akan menanyakan nomor rangka kita. Untuk transaksi jual beli mobil, adanya nomor rangka dapat dipakai untuk memastikan mobil yang dijual serta informasi yang diberi penjual sudah akurat.

Follow blog kita untuk informasi otomotif lainnya!