Musim Hujan Tiba, Simak Cara Merawat Rem Cakram Motor Supaya Tetap Awet

Memasuki akhir tahun, intensitas hujan pun meninggi. Bagi pemilik motor, tentu diperlukan perawatan ekstra agar berbagai komponen pada motor tetap terjaga. Salah satu komponen motor yang rawan bermasalah ketika musim hujan adalah rem cakram dikarenakan posisinya di bawah sehingga kerap terkena genangan dan kadang lumpur.

Jangan pernah disepelekan karena rem cakram adalah komponen vital yang jika bermasalah bisa meningkatkan risiko terjadinya laka. Sebelum hal buruk terjadi, berikut ini adalah beberapa tips merawat rem cakram motor di musim hujan.

1. Selalu Dibersihkan

Hal pertama yang paling penting adalah kita harus selalu membersihkan rem cakram setelah bepergian. Genangan air dan cipratan lumpur sangat cepat membuat rem cakram bermasalah, khususnya berkarat. Sehingga usahakan untuk langsung dibersihkan setelah berkendara. Membersihkan rem cakram bisa dengan cara sederhana,  misalnya membilas dengan air bersih. Tapi, untuk hasil maksimal, kita bisa menggunakan cairan tambahan seperti Durable X Mos Easy Remover.

2. Analisa Kondisi Rem Cakram

Kita juga harus bisa menganalisa kondisi rem cakram dengan mengenali suara yang ditimbulkan. Normalnya, rem cakram tidak bersuara saat berputar. Meskipun bersuara, akan sangat halus. Sedangkan jika rem cakram bermasalah, maka akan mengeluarkan bunyi khas. Ketika berbunyi, kita harus segera memeriksa. Biasanya, bunyi tersebut dikarenakan ada kotoran yang menempel. Segera bersihkan sebelum merusak rem cakram itu sendiri.

Baca juga: 5 Manfaat Stabilizer Rantai Motor yang Perlu Kamu Ketahui

3. Cek Kondisi Kaliper

Kaliper rem cakram memang terkenal jarang rusak. Tapi, tidak membuat kita abai begitu saja, apalagi di musim hujan. Kita juga harus memastikan kaliper tetap dalam kondisi baik. Sebab, biasanya dalam genangan air terdapat bebatuan yang tanpa sengaja menabrak roda dan berpotensi merusak kaliper. Oleh karenanya, ketika menerjang genangan banjir, tetap harus waspada.

4. Mencari Haluan Lain

Jika memang genangan cukup tinggi, sampai pada mesin, sebaiknya cari haluan lain jika memungkinkan. Sebab, rem cakram yang terlalu lama terendam air hujan dan kotoran akan membuat oksidasi, terlebih kondisi rem cakram sedang panas.

5. Rutin Melumuri Pelumas

Ingat, air hujan dan lumpur bisa membuat rem cakram berkarat. Oleh karenanya, dianjurkan untuk rutin melumuri rem cakram dan komponen berkaitan dengan pelumas. Melumurinya juga harus dalam kondisi bersih, setelah dibilas dengan air.

6. Lakukan Perawatan Rutin

Dan yang tak kalah penting adalah kita harus melakukan perawatan secara rutin ke bengkel. Montir akan lebih tahu jika terjadi masalah pada motor kita, termasuk pada bagian rem cakram. Jangan enggan mengecek motor demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Nah, itulah beberapa tips merawat rem cakram motor di musim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Durable.

 

Untuk Melindungi Motor Dari Kotoran Atau Cuaca Yang Xtrem Gunakan Selalu Produk-Produk Cover Motor Dari Durable