Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil Yang Baik dan Benar

Kaki-kaki mobil adalah sekumpulan komponen yang berkaitan dengan bagian bawah mobil, meliputi roda, pelek, tie rod, suspensi, dan komponen-komponen yang menghubungkan roda dengan sasis mobil.

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa kaki-kaki mobil:

  • Roda (Velg dan Ban)
  • Suspensi (Shockbreaker atau Shockabsorber)
  • Per atau Koil
  • Bearing
  • Tie Rod
  • Ball Joint
  • Bushing Arm
  • Link Stabilizer
  • Racksteer (bisa dianggap komponen kaki-kaki, karena berhubungan dengan roda).
  • Karet dudukan suspensi.

Kendati posisinya di bawah, kaki-kaki mobil ini adalah komponen yang vital dan tidak bisa disepelekan. Bahkan, jika kita membeli mobil bekas, sangat dianjurkan untuk mengecek bagian kaki-kaki mobil terlebih dahulu. Sebab berhubungan langsung dengan kenyamanan serta keamanan ketika mobil digunakan.

Karena fungsinya yang cukup penting, maka pemilik mobil wajib melakukan perawatan agar komponen-komponen tersebut tetap dalam kondisi prima. Selain itu, harga dari kaki-kaki mobil juga tidak semurah yang dibayangkan.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana cara merawat kaki-kaki mobil secara mandiri agar kondisinya selalu terjaga. Adapun tipsnya, simak di bawah ini.

Jangan Berkendara Agresif

Penting diketahui, berkendara secara agresif maksudnya adalah terlalu banyak akselerasi, seperti memainkan gas, kopling, dan suka aksi pada tikungan. Tindakan seperti ini tentu saja membuat kaki-kaki mobil bekerja lebih ekstra. Jika dilakukan terus-menerus, jangan harap kaki-kaki mobil bisa panjang umur.

Perhatikan Bobot Muatan

Pada dasarnya setiap mobil punya kapasitas muatan masing-masing. Jangan sampai terlalu kelebihan muatan karena bisa merusak kaki-kaki, terutama pada roda, pelek, dan suspensi. Biasanya, kerusakan kaki-kaki dikarenakan mobil terlalu sering menampung benda-benda berat. Untuk memperpanjang usia, lebih baik ubah kebiasaan seperti ini.

Hindari Lubang dan Jalan Tidak Rata

Jalan tidak selalu mulus, tentu ada bagian yang berlubang dan bergelombang. Kadang kita tak sadar melaluinya dalam kondisi ngebut. Ini tentu dapat merusak kaki-kaki mobil secara instan. Jadi, ketika kita melewati jalanan yang bergelombang dan cenderung berlubang, lebih baik turunkan kecepatan. Jangan sampai kita menabrak lubang dalam kondisi mobil melaju kencang. Selain merusak pelek, juga bisa menyebabkan suspensi rusak.

Parkir di Tempat Rata

Ketika memarkir mobil, upayakan untuk memilih tempat yang rata. Jangan sampai miring ke samping karena dapat membuat tumpuan berat sebelah. Lambat laun, kaki-kaki mobil tentu akan bermasalah, terutama pada bagian roda.

Modifikasi Normal

Modifikasi mobil boleh saja, asal tidak terlalu ekstrem. Artinya, tidak mengganti komponen pabrik dengan ukuran yang jauh berbeda. Kita boleh mengganti roda untuk keperluan tampilan, tapi perlu diperhatikan juga ukurannya. Minimal sesuai dengan ukuran roda aslinya karena dapat mempengaruhi kinerja mobil.