Fix, Apple Patenkan Mobil Pintar Berteknologi Sunroof

Belakangan ini Apple sedang ramai dibincangkan karena rumor yang beredar bahwasanya brand teknologi yang satu ini akan mulai merambah ke dunia otomotif dengan meluncurkan mobil pintar. Kabar tersebut seliweran di media sosial yang membuat banyak pecinta otomotif penasaran dengan mahakarya dari brand raksasa ini.

Setelah cukup ramai dibincangkan dalam beberapa waktu, akhirnya perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini pun meluncurkan desain paten untuk proyek mobil pintarnya. Dalam paten tersebut, Apple mengembangkan sunroof dengan transparansi yang dapat diatur pengguna.

Teknologi tersebut dapat membuat pengguna mengatur intensitas cahaya masuk ke dalam kabin. Untuk dapat menggunakannya, terdapat sebuah tombol yang ditempatkan di kompartemen depan.

Pada desain tersebut, hanya tampak bagian atap mobil saja, tanpa menyeluruh ke semua bagian. Tapi, itu sudah cukup menjelaskan bahwasanya proyek baru ini adalah sebuah mobil pintar. Beberapa diagram  juga menunjukkan bagaimana mekanisme dan sistem sunroof akan bergerak.

Baca juga: Amankah Menggunakan Obat Nyamuk Semprot di Dalam Mobil?

Selanjutnya, penjelasan dalam paten tersebut berbunyi “kendaraan meliputi atap, bukaan di atap, dan jendela yang terletak di depan dari bukaan,” seperti yang dilansir dari laman JPNN.

Lalu kapan mobil pintar ini akan diluncurkan?

Dilansir dari berbagai sumber yang dihimpun, mobil pintar ini sudah masuk mulai dikerjakan pada awal bulan ini (Februari 2022). Namun, karena pengembangannya membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, mobil teknologi sunroof ini dikabarkan akan mengaspal pada tahun 2025 mendatang. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa rilis lebih cepat.

Kendati sudah mulai dikembangkan, seperti Apple tidak langsung memproduksi massal proyek terbarunya ini. Apple dianggap sangat serius dalam pengembangan mobil pintar sunroof sehingga sebelum diproduksi massal, akan dilakukan serangkaian tahapan serta uji coba terlebih dahulu.

Sampai artikel ini ditulis, masih belum terendus berapa harga atau banderol dari mobil berteknologi tinggi ini. Bahkan, kabar lain menyebutkan jika Apple Car di masa mendatang akan menjadi kendaraan listrik yang bisa dijalankan tanpa kemudi sepenuhnya.